Selamat datang pengunjung BOMBERCAKIL.BLOGSPOT.COM Klik DISINI Untuk Lihat daftar isiPASANG LINKatauTUKAR LINK


23 Januari, 2013

Tips Mengatur keuangan untuk pelajar



Sebelumnya Apa kabar??
Nah pada posting kali ini bomber cakil akan berbagi tentang Tips Mengatur keuangan untuk pelajar.
Jaman sekarang ini pelajar lebih banyak membutuhkan uang untuk kebutuhan pendidikannya. Dari tahun ke tahun, biaya pendidikan semakin melambung, padahal pemerintah sudah menaikkan anggaran pendidikan serta menyiapkan BOS untuk operasional setiap sekolah. Disamping naiknya biaya pendidikan, biaya-biaya lain juga ikut, contohnya harga buku, jajanan di sekolah juga naik menyebabkan bengkaknya uang saku kamu. Padahal jatah uang saku dari orang tua mungkin hanya segitu-segitu saja. Nah, untuk menghemat uang saku kamu nih perlu dicoba beberapa tips berikut ini. Kalau hemat berarti turut membantu beban orang tua kamu juga dong.
Pertama. Belilah barang seperlunya saja. Biasanya banyak pelajar atau mahasiswa yang suka sekali belanja atau istilah lainnya Shopaholic. Terutama pelajar cewek, tapi tidak menutup kemungkinan pelajar cowok juga senang belanja. Sekali melihat barang yang cocok dan sreg di hati langsung ingin membelinya. Padahal mungkin saja barang tersebut sebenarnya kurang diperlukan untuk menunjang aktifitas kamu sehari-hari. Maka sebaiknya untuk menghemat uang saku kamu stop belanja barang yang kurang bermanfaat. Belilah sesuatu barang karena memang barang tersebut urgent (sangat penting).
Kedua. Kurangi bepergian dengan kendaraan bermotor. Jaman sekarang ini kansebagian besar pelajar dan mahasiswa pergi ke sekolah atau kampus pake motor pribadi. Nah, untuk menghemat biaya transportasi kamu sehari-hari, alangkah bijak jika kamu mengurangi frekuensi bepergian dengan motor setelah jam sekolah berakhir. Setelah pulang sekolah mungkin ada acara ini itu yang kurang bermanfaat contohnya nongkrong bareng teman atau jalan-jalan sore hari sebaiknya dikurangi. Kalau bisa memakai sepeda juga bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk menghemat uang saku. Daripada beli bensin buat motor lebih baik memakai sepeda, bebas polusi dan sehat. Malah jika sekolah atau kampusnya dekat, bisa dengan berjalan kaki.
Ketiga. Hemat pulsa. Handphone sebagai alat komunikasi sudah menjadi barang yang banyak dimiliki oleh kalangan pelajar. Anak SD pun sudah dibekali dengan handphone oleh orang tuanya. Sebaiknya untuk berhemat kurangilah sms atau telpon untuk hal-hal yang kurang perlu dan tidak penting. Jika ada teman yang sms gak penting gak usah dibalas. Contohnya sms minta kenalan, sms nyasar tidak perlu ditanggapin. Bisa juga dengan beralih ke operator yang menyediakan sms gratisan. Sekarang kan banyak tuh iklan operator yang menawarkan sms gratis setelah kirim beberapa sms. Hemat pulsa juga hemat kantong.
Keempat. Bawa bekal makanan dari rumah. Untuk menghemat budget, bagi kamu yang suka jajan di sekolah tips berikut ini mungkin akan ampuh, yaitu membawa bekal sendiri dari rumah. Jajanan sekolah memang sering kali dinilai tidak sehat. Karena kita tidak tahu 100 persen apa yang terkandung dalam jajanan tersebut. Nah, ada baiknya kamu membawa sendiri bekal dari rumah. Selain sehat juga irit uang saku.
Kelima. Puasa senin kamis. Mungkin point ini sangat susah bagi yang belum pernah melakukannya. Bagi kamu yang beragama Islam boleh dicoba untuk puasa sunah setiap senin dan kamis. Ibarat sambil menyelam minum air, selain menghemat uang saku, puasa sunah setiap senin dan kamis juga bernilai ibadah.
Keenam. Jangan pacaran di sekolah. Untuk point yang satu ini mungkin kamu bertanya-tanya, ini kan masalah perasaan. Harus diingat, tugas pelajar adalah belajar bukan nyambi pacaran. Berteman dengan lawan jenis boleh-boleh saja, tapi jangan dulu untuk tahap serius atau pacaran. Dengan pacaran secara otomatis kamu harus merogoh kantong lebih dalam untuk “bersenang-senang” bersama sang pacar. Bukannya menghemat uang saku malah bisa membuatmu berutang ke teman-teman yang lain untuk sekadar membuat senang pacar kamu.
Ketujuh. Luangkan waktu untuk tidur siang. Dengan tidur siang setelah jam sekolah usai mungkin merupakan cara yang jitu untuk berhemat. Tidur siang membuat kamu melupakan waktu untuk bermain-main, jalan-jalan, ataupun jajan. Selain itu tidur siang bisa membuat pikiran lebih segar agar bisa digunakan belajar pada malam hari. Dengan catatan tidur siang jangan digunakan alasan untuk bermalas-malasan. Kalau ada tugas sekolah, selesaikanlah terlebih dulu baru kemudian tidur siang.
Ingat peribahasa berikut “hemat pangkal kaya”. Berhemat memang tidak mudah untuk dilakukan. Tapi kalau ada niat, sebenarnya berhemat itu sangatlah mudah. Hemat jangan diartikan sempit sebagai pelit, tetapi mengerti bagaimana kondisi keuangan kamu sesungguhnya.Pelajar sering kali bingung dalam mengatur keuangan, apa lagi pada saat kita ngekos atau tinggal jauh dengan orang tua, tapi tidak usah kawatir jika kita menyiasati masalah kita dengan berhemat dalam menggunakan keuangan kita secara bijaksana apa lagi kita yang berperilaku yang boros dalam keuangan dalam menggunkan keuangan kita. Disaat kita boros dalam mengunakan uang kita maka kita harus pintar menyiasati uang kita. Apa keperluan kita sebagai MAHASISWA yang jauh dari orang tua dengan kebutuhan untuk foto copy, makan, dan keinginan untuk membeli keperluan pribadi.
Ini ada sedikit Tips cara mengatur keuangan kita pada anak yang jauh dari orang tua (anak kos-kosan):
1. Usahkan kita cermat dalam berbelanja.
2. Jauhkan dari pikiran ingin berbelanja yang berlebihan
3. Pikirkan apakah barang yang kita belamjakan akan berguna bagi kita
4. Jika keuangan kita menipis kita, kita mampir saja ke rumah saudara / rumah teman orang tua kita dan main sampai waktu jam makan dan kita pasti akan ditawarkan makan.
5. Jika tidak ada orang yang kita kenal lebih baik kita bersabar terlebih dahulu untuk memiliki barang yang kita akan beli.
Jika anda ingin kaya secara finansial, anda harus pintar-pintar mengatur keuangan pribadi anda, karena tanpa  pengaturan yang baik anda tidak akan pernah menjadi kaya. Berikut ini beberapa tips untuk mengatur keuangan pribadi :
Bagi pendapatan bisnis / gaji anda menjadi pos-pos. Contohnya saya membagi pendapatan saya menjadi beberapa bagian, antara lain : Pengeluaran sehari-hari (50%), Kesenangan (10%), Pendidikan (10%), Amal (10%), Pengeluaran Tak Terduga (10%), Investasi (10%). Dengan membagi menjadi pos-pos maka anda tidak akan sembarangan membelanjakan uang anda. Pada saat anda menerima pendapatan/gaji, ada baiknya anda langsung bagi ke rekening tabungan sesuai pos masing-masing. Ini membuat anda tidak boros..
Jangan mengeluarkan uang untuk kesenangan secara kredit. Jangan pernah membeli mobil pribadi dengan kredit, handphone, dll. Anda hanya diperbolehkan menggunakan kredit untuk urusan bisnis yang sudah anda tahu duitnya mau diputar dimana.
Catat pengeluaran anda setiap hari. Minimal setiap hari sediakan waktu 15-20 menit untuk mencatat pengeluaran anda. Mungkin awal-awal akan memakan waktu yang agak lama, tapi seiring waktu berjalan anda akan makin cepat mengerjakan hal tersebut.
Investasi yang anda lakukan bisa merupakan tabungan yang anda tidak akan ambil sampai tua. anda terus menabung uang tersebut dan hanya diperbolehkan mengambil bunganya saja.
Mungkin itu kira-kira beberapa tips untuk mengatur keuangan pribadi. Semoga tips ini bisa dipraktekkan dan memberi manfaat.



0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda di bawah ini jangan lupa sering - sering mampir ke sini...

Jangan Lupa
1. Gunakan bahasa yang sopan
2. Jangan sampai menyinggung perasaan orang lain
3. Bookmark Halaman jika diperlukan

ISIKAN DIBAWAH INI

Entri Populer


bombercakil.blogspot.com-Google pagerank and Worth
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More